PEMBUKAAN FESTIVAL MUHARRAM BONDOWOSO 2017 Menggali Potensi Menggelar Prestasi 20 September sd 03 Oktober 2017

kacuk

Tanggal : 19-10-2017

Dilihat 82 Kali

Sambuttan Bupati Bondowoso pada acara Festival Muharram Bondowoso 2017,

Assalaamu’alaikum Wr.Wb.
Pemerintah Kabupaten Bondowoso menggelar kembali Festival Muharram tahun 2017, Menggali Potensi Menggelar Prestasi yang mana dalam even tersebut dijadikan ajang bergengsi para pelaku usaha produk-produk unggulan Kabupaten Bondowoso untuk promosi terhadap produk yang dihasilkannya baik itu Usaha Mikro makanan, kerajinan, pertanian, jasa dan sebagainya. Pemberdayaan Usaha Mikro merupakan bagian integral dalam Pembangunan Kabupaten Bondowoso yang bertujuan mewujudkan masyarakat adil dan makmur. Dalam pembangunan ekonomi, secara eksplisit UUD 1945 menekankan implementasi penyelenggaraan nasional yang berdasar atas demokrasi ekonomi. Selaras dengan itu, kebijkan yang berpihak terhadap Usaha Mikro telah menjadi harapan yang berkembang luas di tengah tumbuhnya kesadaran dan perhatian masyarakat terhadap nasib dan ekonomi rakyat. Selain itu aspek kemandirian ekonomi kabupaten dan pemerataan pembangunan yang berkeadilan menjadi agenda besar dalam proses pembangunan ekonomi mulai saat ini hingga mendatang.
Gerakan masyarakat untuk melakukan langkah “Bela” dan “Beli” produk Usaha Mikro mengingatkan kita akan pentingnya tetap cinta dan bangga terhadap produk sendiri khususnya produk-produk Usaha Mikro Kabupaten Bondowoso di tengah serbuan banyaknya produk-produk asing. Hal ini secara langsung dapat dirasakan oleh para pelaku Usaha Mikro. Dengan “Bela”, produk Usaha Mikro dapat diperkuat ke akses yang lebih produktif serta efektif. Dengan “Beli”, masyarakat dapat menunjukkan keberpihakan terhadap produk sendiri. Membeli produk bukan karena murah tetapi karena kita cinta bangsa kita sendiri. Tentunya Usaha Mikro sebagai pelaku usaha juga harus memiliki komitmen untuk terus berinovasi dalam menjalankan usahanya.
Pentingnya peningkatan kapasitas Usaha Mikro Bondowoso agar tidak saja menjadi “tuan” di Kabupaten kita sendiri tetapi juga mengharuskan Usaha Mikro naik kelas atau menjadi Usaha Mikro high class khususnya setelah memasuki lingkup Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang telah berlaku mulai tahun 2015 lalu. UM perlu memperkuat diri dengan melakukan peningkatan dan standarisasi produk agar tidak kalah bersaing dengan produk negara ASEAN lainnya, disamping peningkatan kualitas SDM serta penguasaan tehnologi yang lebih canggih. Produk kreatif Usaha Mikro yang di desain dengan sentuhan tehnologi terkini dan bernilai budaya, memiliki keunggulan kompetitif dan komparatif sehingga dapat bersaing di pasar domistik maupun global.
Diperlukan media promosi agar produk-produk unggulan Usaha Mikro memperoleh kesempatan dalam mengembangkan pemasaran dan membangun citra produk kreatif yang sesuai dan setaraf dengan produk-produk pesaing berskala internasional. Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bondowoso telah menerbitkan Profil dan Katalog Usaha Mikro sebagai salah satu media promosi yang efektif dalam mengantarkan produk-produk Usaha Mikro menuju persaingan pasar global. Profil dan Katalog Usaha Mikro yang ada di tangan anda saat ini memuat informasi berbagai jenis produk unggulan Usaha Mikro di Kabupaten Bondowoso. Melalui buku ini diharapkan konsumen dapat memperoleh informasi dan gambaran mengenai produk yang ditawarkan, menetapkan pilihan serta berkomunikasi atau bertransaksi langsung dengan Usaha Mikro produsen dan/atau Usaha Mikro galeri yang datanya tercantum dalam Profil dan Katalog Usaha Mikro ini.
Strategi promosi dan pemasaran produk unggulan Usaha Mikro telah menjadi program utama yang selama ini dilakukan Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bondowoso yang beralamat di Jalan Santawi No. 6 sebagai pusat promosi dan belanja produk kreatif yang ada di dalam buku ini, disamping juga dukungan dari seluruh pelaku usaha di Kabupaten Bondowoso.
Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut serta dan berpartisipasi dalam mewujudkan buku Profil dan Katalaog Usaha Mikro, semoga promosi ini dapat memperkaya wawasan pembaca mengenai potensi dan keanekaragaman produk unggulan Usaha Mikro serta memperluas jangkauan pasar bagi produk Usaha Mikro Kabupaten Bondowoso.
Selamat membaca dan bertransaksi
Wassalaamu’alaikum Wr. Wb

Bondowoso, 1 September 2017
BUPATI  BONDOWOSO


Drs. H. AMIN SAID HUSNI
Dimana dalam event tahunan ini diikuti oleh berbagai unsur pemerintahan Kab. Bondowoso dan beberapa kabupaten yang di undang serta pelaku usaha (UM dan IKM) yang ada di kawasan Kab. Bondowoso untuk menampilkan berbagai produk unggulan.Total ada 127 stand di Festival Muharram kali ini, yang terdiri dari stand UM dan IKM (79 stand),Pelayanan Dasar (11 stand), Kopi (10 stand), Batik (12 stand), Komersil (7 stand), Tematik (7 stand)

Pada kegiatan ini juga diadakan berbagai lomba kreasi yg bertujuan untuk menggali potensi siswa dan warga kab. Bondowoso sekitar nya.

Berita Terpopuler

Berita Lainnya

Klinik UMKM

Pusat Konsutasi UMKM

Tanggal : 27-12-2013

Tanggal : 28-01-2016

LOMBA DESAIN BATIK 2016

Lomba Desain Batik 2016

Tanggal : 29-03-2016