Klinik UMKM

bidang umkm

Tanggal : 27-12-2013

Dilihat 1029 Kali

LATAR BELAKANG

Secara nasional sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) pada tahun 1998 telah membuktikan sebagai sektor penyangga atas krisis moneter, tak terkecuali di Kabupaten Bondowoso. Jumlah UMKM di Kabupaten Bondowoso pada tahun 2010 telah mencapai 27.014 unit usaha.

Menyadari besarnya jumlah UMKM ini, tentu membutuhkan komitmen semua pihak untuk memberdayakannya. Apabila aktifitas ekonomi masyarakat dan UMKM bisa digerakkan maka roda perekonomian rakyat akan berjalan, usaha yang dikelola akan berkembang sehingga pada akhirnya akan berdampak positif dalam mengentaskan kemiskinan termasuk menumbuhkembangkan wirausaha-wirausaha baru.

Dalam perkembangan UMKM, tentu tidak dapat dipungkiri masih banyak kendala dan permasalahan yang dihadapi UMKM yang perlu mendapatkan perhatian dan solusi untuk mengatasinya.

Beberapa permasalahan yang dihadapi UMKM dalam mengembangkan usahanya antara lain :

Masalah Internal yaitu : pengetahuan,   keterampilan dan keahlian pelaku UMKM yang umumnya masih rendah.

Lemahnya akses informasi bisnis dibidang pemasaran, permodalan, teknologi, bahan baku dan aspek ekonomi produktif lainnya.

Guna mengembangkan potensi dan peluang usaha yang seluas-luasnya dalam memperkuat struktur perekonomian di Kabupaten Bondowoso, maka kebijakan pemerintah dalam membina dan memberdayakan UMKM khususnya program-program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan, serta instansi terkait yang membidangi pemberdayaan UMKM di Kabupaten Bondowoso,

perlu didukung dan dipertajam dengan dibentuknya Klinik UMKM yang memberikan jasa layanan bagi UMKM dalam upaya meningkatkan akselerasi untuk memacu UMKM agar mampu mandiri, memiliki daya saing tinggi (kompetitif) dan dikelola secara profesional.

Klinik UMKM didukung oleh :

  1. Karyawan Diskoperindag yang berkopenten pada disiplin ilmu dan keahliannya,
  2. Tenaga Penyuluh Lapangan (TPL) yang terdidik,
  3. Tenaga Konsultan Bisnis,
  4. Pengusaha sukses di Kabupaten Bondowoso.

Tujuan KLinik UMKM adalah :

1.  Mengatasi berbagai masalah yang dihadapi UMKM

2.  Membantu memandirikan UMKM agar mampu menyelesaikan permasalahannya sendiri

3.  Melahirkan Wirausaha-wirausaha Baru

Klinik UMKM memberikan layanan konsultasi secara gratis berupa :

1.  Layanan Konsultasi Bisnis

2.  Layanan Informasi Bisnis

3.  Layanan Advokasi

4.  Layanan Short Course

5.  Layanan Akses Pembiayaan

6.  Layanan Akses Pemasaran

LAYANAN KONSULTASI BISNIS meliputi :

  1. Permodalan
  2. Pemasaran
  3. Manajemen
  4. Teknologi
  5. Sumber-sumber Ekonomi Produktif Lainnya

 

LAYANAN INFORMASI BISNIS meliputi :

  1. Permodalan
  2. Pemasaran

LAYANAN ADVOKASI / PENDAMPINGAN :

Memberikan layanan dan pendampingan termasuk monitoring langsung ke lokasi UMKM

LAYANAN SHORT COURSE :

Memberikan layanan Informasi singkat kepada pelaku UMKM dengan beragam materi dan didukung dengan praktek singkat untuk meningkatkan keterampilan dan keahlian

LAYANAN AKSES PEMBIAYAAN :

Bekerja sama dengan lembaga perbankan dan lembaga keuangan lainnya untuk dapat memberikan kemudahan bagi UMKM dalam mengakses permodalan

LAYANAN AKSES PEMASARAN Produk UMKM :

Akses Pemasaran Produk UMKM melalui tersedianya Gedung Pamer dan Pusat Souvenir di Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur

Klinik UMKM

Solusi Mengatasi

Berbagai masalah UMKM

Klinik UMKM

diskoperindagbws

Tanggal : 27-12-2013

Dilihat 1029 Kali

LATAR BELAKANG

Secara nasional sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) pada tahun 1998 telah membuktikan sebagai sektor penyangga atas krisis moneter, tak terkecuali di Kabupaten Bondowoso. Jumlah UMKM di Kabupaten Bondowoso pada tahun 2010 telah mencapai 27.014 unit usaha.

Menyadari besarnya jumlah UMKM ini, tentu membutuhkan komitmen semua pihak untuk memberdayakannya. Apabila aktifitas ekonomi masyarakat dan UMKM bisa digerakkan maka roda perekonomian rakyat akan berjalan, usaha yang dikelola akan berkembang sehingga pada akhirnya akan berdampak positif dalam mengentaskan kemiskinan termasuk menumbuhkembangkan wirausaha-wirausaha baru.

Dalam perkembangan UMKM, tentu tidak dapat dipungkiri masih banyak kendala dan permasalahan yang dihadapi UMKM yang perlu mendapatkan perhatian dan solusi untuk mengatasinya.

Beberapa permasalahan yang dihadapi UMKM dalam mengembangkan usahanya antara lain :

Masalah Internal yaitu : pengetahuan,   keterampilan dan keahlian pelaku UMKM yang umumnya masih rendah.

Lemahnya akses informasi bisnis dibidang pemasaran, permodalan, teknologi, bahan baku dan aspek ekonomi produktif lainnya.

Guna mengembangkan potensi dan peluang usaha yang seluas-luasnya dalam memperkuat struktur perekonomian di Kabupaten Bondowoso, maka kebijakan pemerintah dalam membina dan memberdayakan UMKM khususnya program-program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan, serta instansi terkait yang membidangi pemberdayaan UMKM di Kabupaten Bondowoso,

perlu didukung dan dipertajam dengan dibentuknya Klinik UMKM yang memberikan jasa layanan bagi UMKM dalam upaya meningkatkan akselerasi untuk memacu UMKM agar mampu mandiri, memiliki daya saing tinggi (kompetitif) dan dikelola secara profesional.

Klinik UMKM didukung oleh :

  1. Karyawan Diskoperindag yang berkopenten pada disiplin ilmu dan keahliannya,
  2. Tenaga Penyuluh Lapangan (TPL) yang terdidik,
  3. Tenaga Konsultan Bisnis,
  4. Pengusaha sukses di Kabupaten Bondowoso.

Tujuan KLinik UMKM adalah :

1.  Mengatasi berbagai masalah yang dihadapi UMKM

2.  Membantu memandirikan UMKM agar mampu menyelesaikan permasalahannya sendiri

3.  Melahirkan Wirausaha-wirausaha Baru

Klinik UMKM memberikan layanan konsultasi secara gratis berupa :

1.  Layanan Konsultasi Bisnis

2.  Layanan Informasi Bisnis

3.  Layanan Advokasi

4.  Layanan Short Course

5.  Layanan Akses Pembiayaan

6.  Layanan Akses Pemasaran

LAYANAN KONSULTASI BISNIS meliputi :

  1. Permodalan
  2. Pemasaran
  3. Manajemen
  4. Teknologi
  5. Sumber-sumber Ekonomi Produktif Lainnya

 

LAYANAN INFORMASI BISNIS meliputi :

  1. Permodalan
  2. Pemasaran

LAYANAN ADVOKASI / PENDAMPINGAN :

Memberikan layanan dan pendampingan termasuk monitoring langsung ke lokasi UMKM

LAYANAN SHORT COURSE :

Memberikan layanan Informasi singkat kepada pelaku UMKM dengan beragam materi dan didukung dengan praktek singkat untuk meningkatkan keterampilan dan keahlian

LAYANAN AKSES PEMBIAYAAN :

Bekerja sama dengan lembaga perbankan dan lembaga keuangan lainnya untuk dapat memberikan kemudahan bagi UMKM dalam mengakses permodalan

LAYANAN AKSES PEMASARAN Produk UMKM :

Akses Pemasaran Produk UMKM melalui tersedianya Gedung Pamer dan Pusat Souvenir di Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur

Klinik UMKM

Solusi Mengatasi

Berbagai masalah UMKM

Berita Terpopuler

Berita Lainnya

PELAKSANAAN UPACARA KEMERDEKAAN YANG KE 77

Upacara hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke 77 tahun

Tanggal : 22-08-2022

PELATIHAN PEMBUATAN MAHAR / HANTARAN TAHUN ANGGARAN 2016

Kegiatan Pendidikan Kemasyarakatan Produktif Dalam Rangka Pemasyarakatan Kewirausahaan dan Pengembangan Wira Usaha Baru

Tanggal : 29-03-2016